Sejumlah Akademisi Umuslim dilantik jadi Pengurus ICMI Orda Bireuen

Sejumlah Akademisi Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, dilantik menjadi pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (MPD-ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Bireuen periode 2022-2027.

Pelantikan yang dihadiri sejumlah undangan dan tokoh masyarakat dan cendikiawan dirangkai dengan silaturahmi kerja wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orwil Aceh dan Seminar nasional berlangsung Auditorium Academic Center (AAC) Ampoen Chiek Peusangan kampus Universitas Almuslim (Umuslim), Rabu 6 Juli 2022.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Ketua MPW ICMI Orwil Aceh, Prof Dr Ir Samsul Rizal, M.Eng IPU ASEN.Eng, dengan penyerahan pataka bendera ICMI kepada ketua umum pengurus MPD ICMI Orda Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi.

Pada kesempatan arahannya ketua MPW ICMI Orwil Aceh, Prof Dr Ir Samsul Rizal, M.Eng IPU ASEN.Eng mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pengurus yang bersedia mengembang tugas menjadi pengurus di ICMI Orda Bireuen, harapannya kepada pengurus yang dilantik bisa mengemban amanah dan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Pengurus ICMI, jangan hanya berpikir untuk organisasi, tapi harus berpikir untuk masyarakat.
“Jangan berpikir untuk organisasi, tapi berpikirlah untuk masyarakat,” ujar mantan rektor USK Bnada Aceh ini.

Karena ICMI hadir untuk merubah wajah ummat Islam di Indonesia, kebodohan akan diikuti oleh kemiskinan, dan lingkaran ini tak akan selesai.

“Tugas kita sebagai cendikiawan muslim adalah mengedukasi masyarakat dengan benar,” ujar Syamsul Rizal.

“Kita harus memperkuat Islam khususnya di Aceh, karena kalau tidak, maka tak mustahil Islam akan meninggalkan Aceh. Islam memang tak akan meninggalkan dunia, tapi kalau Aceh tak ada jaminan” tambahnya

Menurut mantan Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) tugas ICMI agar dapat mengedukasi masyarakat dengan benar, antara ulama dan cendekiawan dapat bekerjasama untuk mengatasi permasalahan pembangunan di Aceh.

Sedangkan ketua umum pengurus ICMI Orda Bireuen Dr.H.Muzakkar A Gani, SH MSi mengatakan terimaksih atas kepercayaan untuk menjadi ketua ICMI Bireuen, semoga dapat mengemban tugas ini dengan amanah dan penuh keikhlasan sehingga menjadi ladang amal saleh.

“Saya berharap keberadaan ICMI bersama Pemerintah daerah mampu memelihara, lestarikan persatuan, kesatuan bangsa, mewujudkan kemaslahatan umat serta menciptakan generasi penerus yang kokoh aqidahnya, berbudi luhur serta cinta tanah air,” ujar Muzakkar A.Gani yang akan mengakhiri pengabdiannya sebagai Bupati Bireuen.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan seminar nasional menghadirkan Prof. Dr. Arif Satria, M.Si (Ketua ICMI Pusat) sebagai Keynote Speaker via zoom dari Jerman,

Kemudian sebagai pembicara Prof. Dr. Teuku Abdul Sanny,M.Eng, (Dosen ITB/ Wakil Ketua ICMI Pusat), Prof.Dr. Ir. Samsul Rijal, M.Eng, IPU., Asean Eng,(Ketua ICMI Orwil Aceh/mantan rektor USK), Dr.H. Muzakkar A. Gani, S.H., M.Si (Ketua ICMI Orda Bireuen), dan Tgk. Muhammad Yusuf A. Wahab (Ketua Badan Penasehat ICMI Orda Bireuen).

Kepengurusan ICMI Orda Bireuen yang merupakan kolaborasi akademisi, birokrasi dan cedikiawan unsur ulama dengan struktur kepengurusan terdiri dari ketua umum, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, Bendahara dan dilengkapi sejumlah komisi dan bidang-bidang.(Humas_Umuslim).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *